Daftar Alat Musik Batak beserta Harga

LEMBAGA BATINDO NUSANTARA

Lembaga Pelestarian, Pengembangan dan Pelatihan Musik Batak terkhusus Batak Toba

Beberapa Instrumen Vital Musik Batak Toba

  1. Taganing/Gondang Batak


        Taganing merupakan alat musik perkusi dari Batak Toba yang memiliki 5 buah taganing yang telah disusun ditambah sebuah Gordang (Gendang terbesar dalam Instrumen Gondang Batak). Taganing digantungkan dalam sebuah tiang dengan 2 buah balok kayu sebagai penyangganya. Memiliki sebuah gorga (ukiran) didepannya. Yang paling besar adalah gendang paling kiri, dan semakin ke kiri ukurannya semakin besar (dilihat dari depan). Nadanya juga demikian, semakin ke kiri semakin rendah nadanya. Taganing ini dimainkan oleh satu atau 2 orang dengan menggunakan dua buah stik (sepasang per orang). Dibanding dengan gordang yang relatif konstan, maka taganing adalah lebih bersifat variasi atau melodius.
Didalam sebuah permainan, posisi Taganing sangat penting. Taganing yang berpadu dengan melodi Sarune (Gondang Sabangunan).

Variasi Harga Taganing :

  1. Ukuran Besar dengan Ornamen (Seperti dimainkan Ir.Jokowi dan Bpk.SBY) Rp.9.500.000
  2. Ukuran Sedang dengan Ornamen (Gambar taganing ke 4) Rp.7.500.000
  3. Ukuran Besar tanpa Ornamen (Gambar ke 7) Rp.8.500.000
  4. Ukuran Sedang tanpa Ornamen (Gambar 5 dan 6) Rp.6.500.000
  5. Ukuran Duplikat Mini (Gambar 9 dst) Rp.1.500.000
Menerima permintaan Plang Nama/Merk atau Grup dengan tambahan biaya yang akan di totalkan saat pemesanan.
Dapat dilihat pada iklan OLX dengan Judul : Taganing (Gondang) dengan nama penjual Lembaga BATINDO Nusantara


Bapak Ir. Joko Widodo, Presiden RI ke-7 menabuh taganing produk kami saat acara Karnaval Kemerdekaan RI acara besar yang saat itu digelar di Daerah Danau Toba dalam rangka HUT RI ke 71 dan untuk memajukan pariwisata di Danau Toba. Dengan ornamen gorga yang berciri khas Toba dengan kekhasan produk kami. Taganing kami juga dapat ditemukan pada Museum TB Silalahi Centre, satu dari dua taganing disana adalah taganing hasil produksi kami.


Foto Presiden RI ke-6 saat meresmikan Kualanamu International Airport bersama Bpk. Gatot Pudjo Nugroho. Peresmian secara simbolik oleh Presiden RI ke-6 ini memukulkan seperangkat taganing, alat musik yang dimainkan beliau adalah produk buatan kami yang tergolong dalam perjualan terbaik (Taganing Full Ornamen dengan ukuran besar)


Foto Presiden RI ke-6 saat meresmikan Kuala Namu International Airport bersama Bpk. Gatot Pudjo Nugroho. Peresmian secara simbolik oleh Presiden RI ke-6 ini memukulkan seperangkat taganing, alat musik yang dimainkan beliau adalah produk buatan kami yang paling laku terjual (Taganing Full Ornamen dengan ukuran besar)


Full Ornamen dengan ukuran yang lebih kecil (sedang) yang merupakan bagian variasi taganing buatan kami.


Taganing ini tidak memiliki ornamen (polos), tidak memiliki hiasan gorga di depan dan agak lebih kecil dari taganing di atas. Namun fungsinya tidak berubah (sessuai fungsinya) merupakan bagian variasi Taganing kami.


Taganing ini tidak memiliki ornamen (polos), tidak memiliki hiasan gorga di depan dan agak lebih kecil dari taganing di atas. Namun fungsinya tidak berubah (sesuai fungsinya) merupakan bagian variasi Taganing kami.


Besar dengan ornamen (Gorga) Rp9.500.000

Besar dengan Ornamen (Gorga) Rp9.500.000


Ornamen khas Batak Toba (GORGA) yang diukir langsung, bukan dilukis


Besar dan Polos (Rp8.500.000)


Taganing Duplikat Mini dapat dilihat cara penggunaannya di Youtube : GONDANG BATAK (MINI)
https://www.youtube.com/watch?v=Oikzsd7aACg










Perbedaan taganing ini dengan taganing yang di atas hanyalah ; gendang ini tidak memiliki ornamen, tidak memiliki hiasan gorga di depan dan ukurannya jauh lebih kecil dari ke-tiga taganing lainnya. Namun fungsinya tidak berubah (sesuai fungsinya).  Walaupun taganing ini masih terbilang baru, namun sudah pernah di jual saat FDT 2012.
Spesifikasi :
- Lebar = 50-60 cm
- Tinggi Global Stand = 20-35 cm

2. Garantung



Garantung produk kami yang pernah dipesan untuk Pelestarian musik Batak Toba
keluar negeri, terkhusus ke Eropa dan Amerika. Ornamen kami bervariasi, tidak
selalu sama model atau coraknya.

 

 

 

 

 

 

Garantung (dibaca garattung) adalah salah satu alat musik Batak Toba, Sumatera Utara yang merupakan pembawa melodi yang terbuat dari kayu dan memiliki lima bilah nada.
Klasifikasi instrument ini termasuk ke dalam kelompok xylophone.
Selain berperan sebagai pembawa melodi, juga berperan sebagai pembawa ritem variable pada lagu-lagu tertentu, dimainkan dengan cara mamalu (memukul 5 nada, namun seiring perkembangan zaman nada dalam garantung ditambah menjadi satu setengah oktaf).
Garantung terdiri dari 11 bilah kayu khusus yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonatornya. Alat musik ini dimainkan dengan menggunakan dua buah stik untuk tangan kiri dan tangan kanan. Sementara tangan kanan berfungsi juga sebagai pembawa melodi dan pembawa ritme, yaitu tangan kiri memukul bagian tangkai garantung dan wilahan sekaligus dalam memainkan sebuah lagu.







Harga Garantung : Rp950.000
Termasuk stand dan box



 3. Sulim (Seruling)



Sulim adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara sulim berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Seruling buatan kami khusus dibuat untuk standar pakai, bukan hiasan seperti seruling seruling yang diukir atau diberi ornamen.

Seruling kami memiliki standar nada piano, bukan keyboard (dikarenakan sebahagian keyboard terkadang telah diatur tune-nya sehingga lebih tinggi dari normalnya).

Kelebihan seruling buatan kami ialah lebih ringan ditiup, tidak fals, dan terlihat lebih natural dikarenakan tanpa pewarnaan atau vernis pada bambu yang dipakai.


Bambu yang digunakan ialah bambu khusus untuk seruling.








Satu set seruling terdapat 11 nada dasar (C, D, Es, E, F, G, As, A, Bes, B, C'). Nada dasar Cis dan Fis jarang digunakan, maka dari itu ditiadakan. Namun khusus permintaan akan dibuatkan.



Harga satu buah : Rp.150.000
Harga satu set : Rp.1.250.000

NB : Menerima pengiriman keseluruh Indonesia termasuk Luar Negeri dengan minimal pembelian 2 buah sulim, biaya pengiriman ditanggung pembeli

4. Hasapi

Hasapi adalah salah alat musik Batak Toba yang dikelompokkan ke alat musik dawai atau senar (Chordophone), dalam bahasa Indonesia sering disebut Kecapi Batak.

Jenis-jenis Hasapi

Hasapi terdiri dari :
  • Hasapi Ende (pluked lute dua senar) adalah instrumen pembawa melodi dan merupakan instrumen yang dianggap paling utama dalam ensambel gondang hasapi.
Harga Hasapi Ende : Rp.850.000
  • Hasapi Doal (pluked flude dua senar), instrumen ini sama dengan hasapi ende namun dalam permainannya hasapi doal berperan sebagai pembawa ritem konstan. Ukuran instrumen hasapi doal lebih besar sedikit dari hasapi ende.
Harga Hasapi Doal : Rp.750.000


Hasapi Ende dan Doal terletak di cara penggunaannya dan jenis kayunya.
 


Hasapi Doal atau Hasapi dari kayu Nangka

























Hasapi Ende atau Hasapi Jior/Juar

Tampak belakang Hasapi Ende, dengan corak kehitam hitaman yang akan terus menjalar sampai nanti keseluruhan warna Hasapi Ende akan hitam pekat mengkilap








5. Sarune

Jenis-Jenis Sarune :






 a. Sarune bolon (shawm) adalah instrumen pembawa melodi yang memiliki reed ganda (double reed) pada ansambel Gondang Sabangunan atau Gondang Bolon.
Pembuatan Sarune Bolon terbilang sangat sulit dan dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Cara melubangi Sarune Bolon masih bersifat tradisional tanpa alat pelubang (bor) karena akan menimbulkan efek-efek tertentu dan mempengaruhi kayu Sarune tersebut

Klasifikasi ini termasuk dalam kelompok aerophone yang memiliki lima lobang nada (empat di bagian atas, satu di bagian bawah), yang dimainkan dengan cara mangombus marsiulak hosa (circular breathing).

Harga Sarune Bolon : Rp3.500.000









b. Sarune Etek merupakan bagian dari Sarune juga. Namun Sarune Etek lebih kecil dari Sarune Bolon
Sarune Etek lazimnya dimainkan dalam Ansambel Uning-uningan sebagai pembawa melodi bersama Hasapi atau Sulim.
Sarune Etek (shawn) adalah instrumen pembawa melodi yang memiliki reed tunggal (single reed).

Harga Sarune Etek : Rp750.000

 

 

 

6. Ogung (Seperangkat Gong Batak Toba)








Seperangkat Gong Batak Toba terdiri atas :

1. Panggora
2. Doal
3. Oloan
4. Ihutan
Disusun pada sebuah tiang, dimana Gong Ihutan dan Oloan yang digantungkan. Sementara Panggora dan Doal dipegang oleh pemainnya.

Harga Seperangkat Ogung : Rp6.500.000

7. Tulila (Paket Tulila)


Tampak dekat alat musik Tulila/Talatoit


 

Dijual paket Tulila :
1. Satu buah Tulila (pilih kunci Es/E/F)
2. Satu buah Sulim (pilih kunci A/Bes/B)
3. Satu buah Suling, yaitu seruling yang ditiup dengan cara Vertikal (pilih kunci A/Bes/B)

Harga Rp 300.000 
(Tidak termasuk Ongkir)


Uning-uningan ini terdiri dari beberapa alat musik Batak gabungan yaitu :

1. Satu set Odap (tiga buah bagian vital dari gendang yaitu gondang odap, painonga, dan ting-ting + stand) Odap dapat diganti dengan Taganing kapasitas 1 set, dengan harga yang akan di total saat pemesanan.

2. Dua buah Kecapi (1 kecapi doal, 1 kecapi ende)

3. Satu buah Garantung(1,5 oktaf)

4. Satu buah Sarune Etek

5. Dua buah Seruling

Harga Uning-uningan : Rp7.500.000




Contoh pesanan dari SIMORANGKIR


Contact Person :
Junihar Sitohang (Pendiri) :
+6281396090227
NB : Hanya melayani telepon, tidak melayani Whatsapp, SMS, dsb

Artdo Sitohang (Tim Informasi dan Penjualan) : +6281269052694

NB : Melayani Whatsapp, SMS dan Telepon

Alamat : Jalan Tanjung Balai Gang Budi Dusun IV Nomor 3, Sei Beras Sekata, Kecamatan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20128

Alamat juga ada di GOOGLE MAPS (Lembaga BATINDO Nusantara)

Link Pembelian dan Informasi 👇

https://linktr.ee/batindo_nusantara 


DILARANG KERAS MENGAMBIL ATAU MENGGUNAKAN FOTO-FOTO DIATAS TANPA SEIZIN BATINDO NUSANTARA.


Komentar

  1. minta kontak personnya bang. Ariane 085959884879

    BalasHapus
    Balasan
    1. 081396090227 ini nomor ayah saya, kebetulan saya yang mengelola blognya

      Hapus
    2. Tulang kalau belajar marsulim berapa bulanannya tulang?

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bang...bisa pesan stik tagading ga?

      Hapus
    2. Bang bisa pesen stik tagadingnya kah?

      Hapus
  3. Bisa lae... lokasi pembuatan dimna lae (alamatnya)

    BalasHapus
  4. Bisa lae... lokasi pembuatan dimna lae (alamatnya)

    BalasHapus
  5. Bisa lae... lokasi pembuatan dimna lae (alamatnya)

    BalasHapus
  6. Jalan pantai timur pasar 2 gg rukun
    Kelurahan Cinta Damai Kec Medan Helvetia
    Belakang kodam I/BB

    BalasHapus
  7. Sore lae. email lae dulu
    foto contoh dan harga
    email tu petrus.petergo@gmail.com

    mauliate

    horas

    BalasHapus
  8. Satu set sulim ada brapa sulim lae tolong info nya lae

    BalasHapus
  9. Semua gambar di sini memang orisinal produk kami bukan produk orang lain.
    Kebetulan tampil di Google, boleh cek di alamat kami...

    BalasHapus
  10. Lae, ada no Lae yg bisa di hubungi biar bia langusng contac saja

    BalasHapus
  11. Horas lae...tolong jo diemail foto sude jenis taganing, jalo molo pesan boi dikirim tu jakarta? Mauliate... horas!!. On do email hu : libema@biz.net.id manang sas_st@yahoo.com

    BalasHapus
  12. lae sadia argani suling 1 ?
    naeng hu tuhor

    BalasHapus
  13. lae sadia argani suling 1 ?
    naeng hu tuhor

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 buah 150 rb belum onkir
      1 set 1.5jt belum onkir (11nada dasar)

      Hapus
    2. 1 buah 150 rb belum onkir
      1 set 1.5jt belum onkir (11nada dasar)

      Hapus
  14. Sulim 1 buah 150 ribu, belum termasuk ongkir.
    1 set 1,5 jt (11 kunci dasar) belum ongkir

    BalasHapus
  15. Sulim 1 buah 150 ribu, belum termasuk ongkir.
    1 set 1,5 jt (11 kunci dasar) belum ongkir

    BalasHapus
  16. kalau kirim ke jakarta bisa gak lae makasih

    BalasHapus
  17. Lae, ada jual sarune etek? kalau 1 biji berapa? terus kalau satu set berapa?
    Terus untuk hasapi harga nya berapa, yang 2 senar, tapi saya minta untuk "tuning Peg" (yang buat nyetem) dibuat kayak gitar aja, punya saya yang sekarang sebetulnya masih bagus, tapi susah untuk menyetemnya.
    Saya juga tertarik sama sulim, tolong kirim ke email saya ya lae, foto-foto sarune etek, sulim, sama hasapi ke tusormin@yahoo.co.id

    mauliate godang

    BalasHapus
  18. Berapa harga taganing mini nya lae

    BalasHapus
  19. untuk alat musik hasapinya masih ada nggak bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adong do hasapi seken, mang na mura murai, lao marsiajar do.
      Molo nga malo haduan baru pe di tuhor na bagak na,
      Molo adng tar sadia ma argana?

      Hapus
  20. Sama martahan, ada hubungan kah lae

    BalasHapus
  21. Sama martahan, ada hubungan kah lae

    BalasHapus
  22. Bang bisa pesen stik tagadingnya saja kah? Thx

    BalasHapus
  23. Kalo kita order tagading bisa dikirim ke Balige lae.. Berapa ongkirnya?

    BalasHapus
  24. Kalo kita order tagading bisa dikirim ke Balige lae.. Berapa ongkirnya?

    BalasHapus
  25. Lae,ada nomer hp?
    Aku berencana mau buat dalam partai besar

    BalasHapus
  26. Lae,ada nomer hp?
    Aku berencana mau buat dalam partai besar

    BalasHapus
  27. lokasi pemesanannya dimana lae???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang ke alamat Jl. gaperta Ujung gg. Beringin dalam no. 2c
      Gang sebelah oke supermarket

      Hapus
  28. Punya WA gak? Mau Tanya kalo dikirim ke Amerika, berapa ongkir nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor yg dapat dihubungi 081396090227 (menerima telpon)
      WA 081397369730 (hanya Whatsapp)

      Langsung hubungi tentang pemesanan dan pengiriman

      Hapus
  29. Klo mau liat langsung ke tempat bisa ga? Klo bisa daerah mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat dianjurkan datang ke Alamat, agar dapat langsung me review barang...
      Alamat Sanggar : Jalan Gaperta Ujung Gg Beringin dalam (sebelah Oke supermarket) no 2c kelurahan tanjung gusta

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Klo mau liat langsung ke tempat bisa ga? Klo bisa daerah mana ya

    BalasHapus
  32. Ini di daerah jakarta kan to?
    Brp skrg harga taganingnya?

    BalasHapus
  33. Kami didaerah medan...
    Taganing memiliki variasi model dan harga ito

    BalasHapus
  34. Di Medan dimananya ? Ga ada cabangnya di Jakarta ?

    BalasHapus
  35. Seruling per buah masih di jual ??

    BalasHapus
  36. Horas.

    No WA yang 081397369730 tidak aktif ya lae?

    BalasHapus
  37. Sudah tidak lagi lae...
    Silahkan wa ke ininsaja 081269052694

    BalasHapus
  38. Hello, Could I borrow your sarune picture under your permission? Please reply me "gracetor@naver.com" for the detail.

    BalasHapus
  39. Hello! I like your photo and article. I'd like to know if I could borrow your picture of sarunai for my article. Could you permit?

    BalasHapus
  40. Shalom Le,
    Le beli satu seruling bisa le?

    BalasHapus
  41. Horas lae au naeng manuhor 3 biji lean lae jolo no nu wa ni lae au tinggal di lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telpon lae ma sian 081396090227
      WA jarang aktif. Mauliate

      Hapus
  42. Kalau uning uningan berapa harganya

    BalasHapus
  43. Uning uningan itu ansambel
    Terdiri dari taganing, garantung, sarune etek, sulim, hasapi.

    BalasHapus
  44. Bisa pesan stick taganingnya lae ?
    2 pasang.
    Lokasi pematang siantar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu pasang stik orisinal 150rb.
      Hubungi 081396090227

      Hapus
  45. Harga sudah termasukkah ongkir daerah Medan dan pajaknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan datang ke alamat. Dan hubungi nomor telepon.
      Untuk setiap pengiriman, ongkos ditanggung pembeli..
      Kami didaerah Medan. Gaperta Ujung

      Hapus
  46. pak...alamatnya dimana mau beli seruling 1 aja mau blajar seruling ini pak???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembaga Batindo Nusantara (cek di google maps)
      Gaperta Ujung. Gg beringin dalam no.2C

      Hapus
  47. Lae... kalok di tali gitar.. tali satu dan dua ya ???

    BalasHapus
  48. Lae, Taganing/Gondang Batak besar, ornamen ready ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ready, namun hubungi 081396090227 untuk konfirmasi

      Hapus
  49. Lae sadia harga hasapi naboi di colok tu son

    BalasHapus
  50. Taganing mini masih ada Lae?
    Hrg Nett brp?

    BalasHapus
  51. Alamat lapak dimana lae? Tulila ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ketikkan Lembaga Batindo Nusantara di Google Maps Lae
      Alamat berada di Gaperta Ujung, Medan Helvetia

      Hapus
  52. Ito kalok harga kecapi sama sarune etek garantung berapaan itu ito

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tertera di postingan ito
      Hasapi 750rb
      Sarune etek 750rb
      Garantung 850rb

      Hapus
  53. Ada paket Tulila namanya
    Harganya 300ribu
    Dimana paket tulila berisi : 1 Tulila, 1 Sulim, dan 1 Suling

    BalasHapus
  54. Itu utk seruling batak, bisa tak saya di kasi lgi foto foto yg lainnya utk lebih jelas tentang kualitas nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kunjungi OLX kami dengan kata kunci Sulim (Seruling) oleh Junihar Sitohang

      Hapus
  55. Tulang kalau belajar marsulim sama marhasapi berapa bulanannya dan brp uang pendaftarannya

    BalasHapus
  56. Mohon infonya sekali lagi.. Harga hasapi sebenarnya berapa?

    BalasHapus
  57. Mohon infonya sekali lagi.. Harga hasapi sebenarnya berapa?

    BalasHapus
  58. Horas hita.

    Belajar martagading boido dison?

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. Adong do halak Lae jual ipit ipit sarune bolon?

    BalasHapus
  61. Bang ijin ambil gambarnya untuk materi belajar alat musik nusantara d sekolah ya

    BalasHapus
  62. Online Casino site - Lucky Club
    We're a Malta-based online casino. luckyclub We're one of the first casinos to offer a wide variety of products, especially games designed for gamblers in one

    BalasHapus
  63. Casino at Charles Town Hotel, BW - Mapyro
    Welcome to the Casinos Near Charles Town Hotel, BW, where 군포 출장안마 fun, 경기도 출장샵 friendly people play and the casino is located. Find out more 영주 출장샵 about Casino 평택 출장마사지 at Charles Town Hotel in Charles Town, 과천 출장마사지

    BalasHapus

Posting Komentar